SooltanPay, Cara Cepat Jadi Sultan



Siapa yang tak mau jadi Sultan? Apalagi kalau caranya cepat dan mudah, semudah menjentikkan jari. Adalah Sooltan Pay, aplikasi yang bisa bikin kita jadi Sultan dalam sekejap. 

Kok bisa? Bisa aja, sini.. sini kubisikkin caranya.




Okay, sebelum lebih lanjut lagi, ijinkan aku bercerita latar belakangku menggunakan aplikasi super keren ini. Aku bertugas sebagai asisten digital untuk C4kM4d yang menjual dan menyediakan jasa pembuatan desain dan gambar digital menggunakan teknik Scribble. Lebih lanjut mengenai teknik ini bisa diintip sendiri di katalog karya milik Cak Mad ya, di link berikut.


Nah, selama menjadi Admin digital ada saja keluhan dari pembeli mengenai sistem pembayaran yang kami sediakan, karena metode untuk pembayaran masih menggunakan sistem transfer.


Yap betul, transfer! Terbayang kan jika pembeli tidak memiliki rekening Bank yang sama dengan yang kami gunakan, ada biaya tambahan untuk melakukan transaksi pembayaran. Memang nominalnya hanya kisaran Rp 6.500,00; tapi besaran nominal ini  kurang lebih menyerupai biaya pengiriman dalam kota. Belum lagi jika pelanggan tidak memiliki fasilitas perbankan di ponselnya, kami harus menunggu mereka bertransaksi di mesin anjungan tunai mandiri yang mereka miliki.


Begitu repot dan tidak praktis. Menyadari keluhan ini, kamipun memikirkan beragam solusi yang memudahkan kedua pihak. Mencari dan terus mencari, kami akhirnya bertemu dengan aplikasi pintar ini SooltanPay.


Aplikasi ini super keren, karena bisa membantu transaksi pembayaran tanpa biaya administrasi walau dikirim dari nomor rekening Bank yang berbeda atau aplikasi dompet digital lainnya. Jadi kalau ada yang nanya, kok bisa? Ya jelas bisa, karena SooltanPay mempermudah pelaku usaha  mendapatkan Qris.

Qris itu apa? jadi Kyuris atau Kris atau Qris adalah singkatan dari Quick Response Indonesian Standart atau secara singkat adalah standar yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia untuk menyatukan beragam kode pembayaran dari penyelenggara jasa sistem pembayaran. Hal ini dibuat agar pembayaran nontunai bisa dilakukan dengan aman, nyaman, dan yang terpenting cepat. 

Menggunakan Qris bisa membuat kami menerima pembayaran dari mana saja. Cukup dengan membagikan kode ini pada pembeli atau pelanggan mereka bisa melakukan pembayaran dari aplikasi apapun yang mereka miliki tanpa ada biaya tambahan. 


Ah, buat Qris gampang, bisa dari aplikasi mana saja. Weits... Nanti dulu, pembuatan Qris tidak segampang itu kawan. Karena dikeluarkan dan diakui oleh Bank Indonesia, hanya jasa sistem pembayaran yang berizin Bank Indonesia saja yang bisa mengeluarkan Qris ini.

Nah, satu poin utama di sini, pembuatan Qris melalui SooltanPay, cukup mudah dan GRATIS TIS TIS TIS TIS!!! Oh iya, salah satu kehebatan SooltanPay ini, tidak perlu mengunduh aplikasinya lho. Jadi cukup aman untuk yang ponselnya sudah cukup penuh memorinya seperti aku. Hihiiihi.

Yuk Lanjut.

Mau tahu cara buat Qris? 

Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Klik alamat berikut ini, nanti akan muncul tampilan seperti berikut. Oh, iya kelupaan,  untuk gambar-gambar di sini,adalah  hasil tangkapan layarku waktu mendaftar dengan menggunakan laptop.

daftar SooltanPay

  • Di halaman pertama kita akan diminta untuk mengisi data diri. Silahkan isi dengan nama asli dan nomor ponsel yang digunakan. Selanjutnya akan tanpil pemberitahuan bahwa telah dikirimkan nomor kode OTP pendaftaran ke nomor tersebut melalui pesan atau SMS. Isikan pada kolom yang tersedia, lalu klik selanjutnya.

Dapat OTP




  • Tunggu beberapa saat, dan akan tampil laman untuk pembuatan password. Buat sesuai arahan yang tersedia, tekan klik.

Buat Password

  • Akan muncul laman yang meminta untuk membuat pin. Selain password, SooltanPay juga meminta kita membuat pin untuk mengakses akun kita nantinya. Hal ini membuat transaksinya semakin aman dan nyaman karena dua perlindungan ini.

Buat Pin



  • Usai membuat Pin akan muncul laman mengenai aplikasi ini, silahkan gulir ke bawah dan baca. Laman ini bisa dibilang adalah laman yang menjelaskan secara detail apa itu SooltanPay, mulai definisi sampai jenis data yang dikumpulkan dari kita. Klik Setuju

Pernyataan



Dan sudah jadi akun kita.

Terus kita akan langsung dapat Qris gitu?

Tunggu dulu, masih ada satu tahap lagi yang perlu kita lakukan, yakni mengupgrade akun SooltanPay baru kita menjadi akun premium.


Lho katanya mudah? Kok masih harus isi-isi dan daftar lagi.


Iyalah, kan seperti yang tersebutkan di atas, QRIS itu merupakan layanan yang disetujui dan diketahui oleh Bank Indonesia. Jadi wajar dong, kalau perlu adanya pencocokan data identitas diri. Ini tuh penting juga untuk keberlangsungan usaha kita, karena dengan verifikasi data ini secara tidak langsung kita memberikan jaminan pada pelanggan atau calon konsumen kita bahwa kita pemilik usaha yang baik dan benar.


Oh oke.. Jadi gimana bikin Qrisnya?


Nah,cara buat Qris melalui SooltanPay adalah kita masuk lagi ke halaman SooltanPay kita, isi nomor telepon yang digunakan, password serta pin. Jika berhasil akan muncul tampilan seperti ini


Akun Sooltanpay



Lanjut klik Upgrade Akun, ikuti langkah-langkahnya, dan isi sesuai kolom yang diminta. Laman pertama adalah data diri. 




Berikutnya adalah laman legalitas yang meminta kita melampirkan foto KTP dan foto diri beserta KTP. Diingat ya, satu akun premium memerlukan 1 KTP. Untuk pengisian dengan laptop, bisa dengan mengunggah foto KTP dan foto Kita yang memegang KTP yang telah kita miliki sebelumnya. Untuk ponsel bisa menggunakan fitur kamera pada ponsel kita.

foto KTP

 Tahap selanjutnya dalam cara daftar Qris ini adalah mendaftarkan Bank atas nama kita untuk penarikan pendapatan nanti. Ada beberapa pilihan Bank yang tersedia, kita tinggal pilih sesuai dengan rekening yang kita miliki

Nama Bank

Kalau sudah, tahap selanjutnya adalah mendaftarkan usaha kita. Mulai dari nama sampai foto diri kita dengan usaha kita.

Foto Usaha

Weits, tenang bestie jangan ngeluh dulu. Soalnya yang usahanya di sosial media atau di e-commerce tetep bisa bikin Qris kok, karena gambar tangkapan layar diperbolehkan. Asal ada nama toko dan katalog.


Foto Usaha

Emang SooltanPay ini beneran pengen kita jadi Sooltan kok, daftar Qris aja dipermudah seperti ini. 

Yuk lanjut, kalau sudah, kita akan melihat tampilan seperti berikut untuk mengisi kelengkapan data usaha kita. Kalau usahanya online ya isi saja seperti alamat rumah. 

Alamat toko

Kalau sudah diisi sesuai instruksi akan tampil seperti ini, tinggal klik simpan. Nanti muncul kok notifikasi kalau QRIS kita sudah siap.

Sukses daftar

Gampang kan???

Ya iya, gampang sih gampang, tapi kan masalahnya belum terbiasa memakai QRIS atau aplikasi ini. Gimana dong?

Weits, hal ini sudah diperhitungkan sama tim SooltanPay loh. Tentang bagaimana cara menggunakan Qrisnya, biaya Qris atau mungkin cara bikin Qris lagi bisa tuh kontak Tim SooltanPay minta untuk demo secara langsung. 

Ah iya kelupaan, nanti kalau QRIS kita sudah jadi, kita bisa lho mendapatkan QRIS kita yang dicetak sebagai stiker atau mini banner untuk dipasang di tempat usaha kita. Tinggal ajukan saja pengiriman QRIS fisik ke alamat yang kita inginkan, untuk jabodetabek GRATIS pengiriman.

Seperti yang aku tulis di atas fitur Qris Sooltan Pay ini bener-bener membantu pelaku usaha untuk menjadi Sooltan. Keuntungannya banyak banget, kalau kita punya Qris transaksi akan lebih mudah dan cepat. gak ada lagi tuh mencari-cari nomer rekening yang sama dengan pelanggan kita atau biaya tambahan transaksi. Biaya transaksi Qris itu gratis, alias tanpa ada potongan. Udah gitu uang yang terkumpul di pendapatan bisa langsung kita tarik ke rekening yang terdaftar hari itu juga (di hari kerja), belum lagi ada fitur-fitur lain yang ada di aplikasi ini.

Sebut saja fitur kasir atau pencatatan keuangan setiap transaksi kita, cashback untuk penjualan pulsa dan tagihan melalui Sooltan Pay dan yang paling seru sih bisa juga bikin struk digital yang bisa kita bagikan.

Tuh kan...

Manfaatnya banyak banget, SooltanPay emang beneran bikin kita jadi Sultan. Pelanggan jadi nyaman usaha tambah lancar.Tunggu apa lagi, buruan bikin Qris di Sooltanpay.

(Kit)




Komentar

Postingan Populer