Edit Edit Codingan di Scratch 3.0

 Hallo, Ini Akit!

Efek ikut Workshop Coding with Scratch

Jadi makin menghargai setiap hal kecil

Halo, Ini Akit!

Rencananya akan bahas resensi buku yang telah dibaca, tapi karena satu dan lain hal, kali ini akan membahas efek dasyat ikut kelas Online Bu Heni.


Mendapat akses untuk mengikuti kelas ini, sebagai bagian dari Bumagit, merupakan hal yang sangat saya syukuri. Betapa tidak, kelas online ini membantu saya untuk tetap mengingat dasar-dasar coding yang telah saya peroleh saat mengikuti CODING MUM 2016 by Bekraf lalu. 

Bagaimana membuat program yang bisa dijalankan, kalau di CODING MUM, saya belajar membuat HTML, di kelas online Bu Heni saya belajar membuat Coding untuk animasi atau game sederhana yang bisa digunakan untuk anak-anak.

Tidak jauh-jauh, sasaran pertama saya adalah anak sendiri, Aira, yang sesungguhnya lebih dahulu mengikuti kelas online ini di Batch pertama setahun lalu. 

Sejujurnya waktu itu Aira masih kesulitan mengikuti kelas, dikarenakan dia juga masih perlu banyak belajar membaca, terutama kata dalam bahasa Inggris yang digunakan sebagai command dalam pelaksanaannya.


Namun demikian, berbekal dasar pemrograman yang diperolehnya itu, dia jadi semakin percaya diri dalam membuat cerita animasi sederhana, dengan memanfaatkan Scratch 3.0 ini.

Seperti yang nampak pada gambar, merupakan karya Aira yang dibagikan dalam laman Scratch miliknya yang berjudul Gajah Lari dengan tokoh utama Gobo dan Gajah.

Saat membagikannya pertama kali, Aira hanya membuatnya tanpa mengisi deskripsi ataupun menjelaskan cara memainkannya. Iseng saya menilik kembali codingan yang telah dibuat Aira.

Kagum..

Itulah yang pertama kali saya rasakan, saya tak tahu kalau Aira mempunyai dasar pemikiran yang sederhana tapi mampu menuliskannya dalam bentuk coding yang cukup kompleks.

Bagaimana membuat gajah bergerak, bagaimana memunculkan keranjang makanan dan bagaimana memunculkan balon teks kalimat yang diucabkan Gobo. Saat meniliknya, saya akhirnya menjadi penasaran dan tergelitik untuk mengutak-atik sedikit dengan ditemani Aira. Hasilnya, adalah animasi sederhana Gajah Lari tersebut.

Tak banyak yang saya lakukan, hanya menambahkan 1-2 baris koding dan menuliskan deskripsi sesuai cerita dan konsep yang dimiliki Aira. Sederhana kelihatannya, tapi bermakna juga untuk saya, karena menambah rasa percaya diri saya dan pemahaman saya mengenai logika sederhana dalam menyusun program codingnya.

Gajah lari, merupakan satu editan coding perdana saya, dan ini membuat saya ketagihan. Hahahaha, selanjutnya saya akan mengulik hasil coding Sratch milik Aira lainnya dan membagikannya secara berkala.

Jika tertarik melihat coding Scratch edit lainnya, bisa dilihat di laman Karya Karsa milik Aira yang kami gunakan sebagai arsip digital semua karya yang telah dibuatnya.

Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Bye bye


Komentar

Postingan Populer